Atlet Diminta Ikut Promosikan Potensi Wisata Papua

Minggu , 10 Februari 2019 17:43 | Berita Utama | Dibaca 41 kali

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Atlet maupun pengurus cabang olahraga (Cabor) di Bumi Cenderawasih, diimbau ikut mempromosikan potensi wisata Papua yang dapat dijual kepada wisatawan lokal maupun manca negara.

Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery Dosinaen mencontohkan alam bawah laut Papua yang sangat kaya dengan ikan maupun terumbu karang. Potensi alam bawah laut ini, dapat dipromosikan lebih maksimal oleh atlet selam, tetapi juga pengurusnya.

“Makanya saya harap atlet dan pengurus Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) bisa mempromosikan potensi bawah laut Papua di kancah nasional maupun internaisonal. Ini penting sebab kekayaan alam Papua ini bisa mendatangkan pemasukan bagi daerah,” ucap ia.

Tak sampai disitu, pihaknya berharap para atlet dan pengurus cabang olahraga bisa bergiliran mempromosikan hasil bumi Papua seperti, kopi melalui berbagai kesempatan.

“Sebab saat ini kopi Pegunungan Bintang, Wamena, Dogiyai, Paniai dan Puncak Jaya kini sudah mulai dikenal karena memiliki rasa dan aroma yang luar biasa. Dengan demikian, kita harap komoditi Papua ini bisa lebih mendunia dan lebih banyak dikenal dunia luar,” harap ia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Hery DosinaenPada kesempatan itu, Sekda mengaku sudah menginstruksikan kepala dinas perkebunan dan badan penelitian dan pengembangan guna membentuk tim dalam rangka pengembangan, pembudidyaa serta peningkatan produk kopi Papua.

Tim ini diharapkan turun dalam waktu deka melakukan penyuluhan dan hal terkait lainnya, agar kopi Papua bisa lebih berkembang untuk dapat dinikmati semua pihak saat Pekan Olahraga Nasional 2020 berlangsung.

Dia sadari, saat ini Papua dengan berbagai keterbatasan terus berupaya mempersiapkan pelaksanaan PON. Kendati demikian, ia optimis seluruh persiapan venue dan sarana maupun prasarana lainnya bisa rampung tepat waktu.

“Untuk itu, kita minta masyarakat Papua terus berdoa agar persiapan PON XX 2020 bisa sesuai rencana dan selesai sebelum iven empat tahunan ini diselenggarakan,” tutupnya. (DiskominfoPapua) 

Sumber: https://www.lelemuku.com/2019/02/atlet-diminta-ikut-promosikan-potensi.html