Rapat Umum Anggota KSU Baliem Arabica Distributor Manokwari II/2013 pada 29 Maret 2014 di Manokwari

Jum'at , 04 April 2014 09:38 | Berita Perusahaan | Dibaca 981 kali

Pada tanggal 29 Maret 2014 telah berlangsung Rapat Umum Anggota II untuk tahun 2013 yang dihadiri oleh semua pengurus dan anggota Koperasi Baliem Arabica Distributor Papua Barat bertempat di Kantor Perwakilan KSU Baliem Arabica, Jalan Poros Manokwari - Sorong, Desa Mantedi, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat mulai pukul 15:00 sore WP - pukul 21:00 malam.

Rapat dipimpin oleh Sekretaris Koperasi Pak Guru Wetipo. Acara dibuka dengan Doa oleh Ketua KBA Cabang Papua Barat, Bapak Asso.

Adapun agenda yang dibahas sebagai berikut:

  •     Penyelesaian pembangunan gedung/ kios Koperasi sekaligus Kantor Perwakilan di alamat Jalan Poros Manokwari - Sorong, Desa Mantedi, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat;
  •     Kepengurusan Koperasi
  •     Program pembelian Kopi di Provinsi Papua Barat.

 Dalam pertemuan ini berbagai pendapat disampaikan merujuk kepada tiga agenda pokok di atas.

Keputusan-keputusan yang telah diambil dalam rapat ini ialah:

Pertama, bahwa pembangunan Kantor Perwakilan KBA harus diselesaikan dalam Bulan April 2014 karena Bulan Mei ke depannya Koperasi akan menjalankan agenda-agenda lain.

Kedua, pembenahan kepengurusan Perwakilan Koperasi untuk Provinsi Papua Barat akan dibenahi sesuai perkembangan usaha dan organisasi (sesuai perkembangan di lapangan). Misalnya akan ada pembentukan unit-unti usaha seperti Unit Usaha Simpan Pinjam, Unit Usaha Buah Merah, Unit Usaha Sarang Semut.

Ketiga,  Koperasi akan mulai melakukan"pembelian Kopi" di wilayah Provinsi Papua Barat mulai Juni 2014. Untuk itu beberapa langkah perlu dilakukan sejak dini, yaitu mempersiapkan kendaraan untuk transportasi ke Kebar, Menyambou dan wilayah pegunungan Arfak.

Keempat, untuk memulai usaha penyediaan modal, maka diusulkan untuk semua anggota Koperasi terlibat dalam pencarian dana dengan cara mencari pekerjaan-pekerjaan di perkebunan Kelapa Sawit setempat bila ada yang meminta tenaga untuk tunas atau panen, dan sebagainya. Selain itu diusulkan uga kepada Pusat Koperasi di Wamena untuk mempertimbangkan Pinjaman Modal Usaha awal untuk pembelian Kopi, yang kemudian akan ditutup dengan hasil penjualan Kopi. Dengan kata lain Koperasi Pusat menyediakan Modal untuk Distributor Papua Barat membelikan kopi di Provinsi Papua Barat dan kemudian menyampaikannya lagi ke Koperasi Pusat.

Rapat ditutup dengan Doa oleh pimpinan Rapat.

Demikian laporan singkat dariMnukwar.